Membuat Artikel SEO Friendly untuk Memaksimalkan Pengunjung

Panduan cara membuat artikel website yang seo friendly
Membuat Artikel SEO Friendly untuk Memaksimalkan Pengunjung (Credit Image: seoclerk.com)

Memaksimalkan website untuk mendapatkan posisi teratas di mesin pencarian adalah impian bagi para blogger, khususnya. Dengan posisi tersebut maka tentu akan mendatangkan traffic yang baik, disukai mesin pencari, dan hasilnya pun akan berdampak untuk proses selanjutnya.

Namun permasalahannya, bagaimana agar artikel yang dibuat dapat memaksimalkan pengunjung? Proses yang harus dilalui apakah melibatkan strategi SEO yang selama ini dipelajari?

Sebenarnya banyak faktor yang menentukan seberapa baik artikel tersebut agar berada di peringkat teratas, misalnya kata kunci pencarian, persaingan website, serta juga strategi optimasi website yang baik dan tepat.

Ok! Mari kita ungkap kinerja pembuatan artikel yang seo friendly dan disukai oleh mesin pencari Google serta meraih lonjakan pengunjung ke situs Anda.

1. Bidik Kata Kunci Sesuai Tema
Anda pasti akan membuat artikel yang sedang populer saat ini. Misalnya saja tentang teknologi, pariwisata, atau pun mengenai layanan jasa yang ternyata Anda kelola.

Namun demikian, satu hal yang harus Anda cermati adalah: Kata kunci yang ditargetkan apakah sesuai dengan tema dari website Anda? Anda bisa saja mencari kata kunci pencarian yang sedang trend saat ini, tetapi jika tidak sesuai dengan tema website Anda maka hal itu tidak relevan dengan keywords yang dibidik, terkecuali jika konten dari seluruh isi web atau blog Anda adalah beragam alias gado-gado.

Nah, dari sini maka tentu harus dilakukan riset terlebih dahulu mengenai kata kunci yang sesuai dengan tema website yang Anda miliki. Misalnya tema website Anda adalah teknologi maka tentukan keywords yang berhubungan dengan teknologi. Anda pun bisa langsung mensurveynya secara manual maupun melalui tools keywords planner yang sudah banyak tersedia di Google.


2. Buat Konten Terurut dan User Friendly
Faktor yang kedua untuk menentukan kualitas konten agar dapat meningkatkan traffic adalah konten yang terurut dan user friendly.

Konten terurut disini dimaksudkan adalah setiap paragraf yang dibuat memiliki satu kesatuan dan tidak terpisah. Jadi, saat Anda membuat paragraf pertama maka untuk paragraf selanjutnya harus juga menjelaskan dari kelanjutan paragraf sebelumnya dan usahakan di bagian kalimat-kalimat awal, sisipkan kata kunci yang Anda targetkan namun tetap harus relevan.

Misalnya: Anda membidik kata kunci “panduan membuat blog” maka sisipkan kata kunci yang relevan di paragraf awal, seperti “Salah satu yang menjadi problem bagi blogger pemula adalah bagaimana membuat blog yang baik dan benar sehingga dibutuhkan panduan untuk memulainya”.

Perhatikan kalimat di atas, disana terdapat kata kunci yang memang relevan dengan apa yang ditargetkan, yaitu ‘panduan’ ‘membuat’ ‘blog’. Silakan Anda variasikan menurut kemampuan Anda.

Selain membuat konten terurut, di lain sisi Anda pun harus membuat konten yang user friendly. Sebagaimana di panduan Google Webmaster jelaskan:

“Konten yang berkualitas bukan hanya diperuntukkan mesin pencari, namun bermanfaat juga bagi pengguna"

So, disini Anda pun harus dapat memberikan satu hal yang berbeda. Maksudnya, di satu sisi Anda harus mengoptimasi website untuk mesin pencari, namun disisi lain Anda pun harus dapat membuat nyaman pembaca artikel website Anda agar dapat memberikan manfaat, apalagi jika dari artikel yang Anda buat disukai oleh pengunjung sehingga memberikan nilai plus tersendiri, seperti membagikannya ke social media atau lainnya.

Ini adalah cara untuk membuat artikel konten berkualitas dan seo friendly untuk mendatangkan pengunjung
Membuat Artikel SEO Friendly untuk Memaksimalkan Pengunjung (Credit Image: lynda.com)

3. Buat Artikel yang Menjawab, bukan Pertanyaan
Pernah kita membaca sebuah artikel yang singkat lalu disodorkan oleh sebuah pertanyaan yang mengarahkan pembaca untuk memberikan jawaban.

Artikel yang baik adalah yang memberikan jawaban dari pembaca. Disini pasti Anda dapat memahaminya.

Saat user mencari kata kunci untuk ‘cara membuat nasi goreng’ maka buatlah artikel yang dapat menjelaskan bagaimana cara membuat nasi goreng yang baik dan benar.

Perlu diingat, seringnya artikel yang berupa ‘panduan’ atau ‘cara’ terkadang penulis lupa untuk memaksimalkan konten yang diberikan. Untuk hal tersebut tidak memerlukan paragraf yang begitu panjang, tetapi yang dikedepankan adalah memberikan point-point penting sehingga pengguna mengapresiasikan terhadap artikel yang Anda buat.

4. Jangan Bertele-Tele Maupun Spam
Mungkin Anda sering melihat sebuah artikel yang tidak dapat memberikan manfaat apapun dari tulisannya, meski sedikit. Atau saja, artikel yang dibuat hanya berisikan link-link yang mengarah ke web atau blog lainnya.

Disini perlu dijelaskan bahwa membuat artikel yang berkualitas dan terarah tentu harus fokus dengan tema dan judul yang dibuat. Usahakan serelevan mungkin dan jangan masukkan link-link yang terlalu banyak, apalagi sampai masuk ke dalam kategori spam.

Cara membuat artikel yang seo friendly sehingga mendatangkan pengunjung potensial bukanlah hal yang mudah. Tentu harus melalui proses dan pembelajaran yang baik.

Untuk pertama, sebaiknya hindari persepsi ‘satu malam berada di halaman pertama Google’ sebab Anda pun harus tahu percis persaingan dari kompetitor Anda dan volume pencarian dari kata kunci yang ditargetkan.

Nah, dengan strategi SEO yang baik dan sesuai dengan panduan Google webmaster maka tentu feedback dari hasil kerja keras Anda akan membuahkan hasil. Selain itu, pengaruh dari kualitas konten yang Anda buat salah satu cara yang paling baik untuk menaikkan peringkat website Anda sehingga memiliki banyak pembaca, bahkan dengan sendirinya mereka akan berlangganan ke website atau blog Anda.
Membuat Artikel SEO Friendly untuk Memaksimalkan Pengunjung Membuat Artikel SEO Friendly untuk Memaksimalkan Pengunjung Reviewed by Bidik Seo on Agustus 25, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Ada pertanyaan? Silakan tinggalkan komentar Anda.

Diberdayakan oleh Blogger.